Langsung ke konten utama

Haruskah Umat Islam Membenci Bangsa Yahudi?


Sudah bukan rahasia lagi bahwa umat Islam sangat anti dan benci kepada umat Israel. Saya sendiri tidak tahu persis, apakah yang dibenci oleh umat Islam dari bangsa Israel: apakah yang dibenci itu negaranya, atau etnisnya, ataukah agamanya? Kalau dari agamanya sepertinya bukan, karena ajaran Yudaisme setahu saya adalah satu-satunya agama monotheist murni yang paling dekat dengan Islam.

Di dalam Al Quran memang dinyatakan bahwa umat mukmin dilarang untuk menjadikan Ahli Kitab sebagai wali bagi orang beriman. Wali di sini bisa diartikan sebagai pemimpin, bisa juga diartikan sebagai teman akrab, sekutu, penolong, dan lain sebagainya; sedangkan yang dimaksud dengan Ahli Kitab adalah umat Yahudi dan umat Nasrani. Namun saya tidak mengetahui persis kenapa yang dibenci oleh umat Islam adalah spesifik umat Yahudi, bukan umat Nasrani. Bahkan kebencian umat Islam kepada bangsa Yahudi sepertinya melebihi kebencian orang Islam kepada orang-orang musyrik yang jelas-jelas penyembah berhala, atau orang-orang penganut agama non-Abraham. Tapi saya mencoba menganalisis sebagian “dalil” kenapa umat Islam membenci umat Israel, dan berikut ini saya akan menampilkan “dalil” tersebut berikut interpretasi saya:

1. “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepada kamu (Muhammad) sampai kamu mengikuti millah mereka” (QS 2:120)
Pertama yang harus saya sampaikan di sini adalah bahwa ayat tersebut ditujukan kepada Nabi Muhammad seorang, bukan untuk umat Islam secara keseluruhan, karena kata ganti orang kedua yang terdapat dalam ayat tsb adalah dalam bentuk tunggal (anka). Yang kedua adalah bahwa ayat ini hanya sekedar menyampaikan bahwa orang Yahudi, dan juga Nasrani, tidak akan ridha atau rela kepada Nabi Muhammad sampai Nabi Muhammad mengikuti millah atau tata cara agama mereka, misalnya berdoa menghadap ke Jerusalem. Di dalam ayat ini tidak ada perintah bagi Nabi maupun umat beliau untuk balik membenci umat Yahudi.

2. “Sesungguhnya kamu dapati bahwa orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang beriman adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang beriman ialah orang-orang yang berkata ‘Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani’. (QS 5:82,83)
In my humble opinion, ayat ini sudah kurang relevan dengan kenyataan pada saat ini, karena pada saat ini sepertinya tidak ada lagi orang yang mengakui sebagai Nasrani yang “mendengarkan Al Quran sambil mencucurkan air mata”,  dan beriman kepada Al Quran dan kenabian Muhammad saw. Lagi pula, sebagaimana halnya dengan ayat sebelumnya, ayat Al Maaidah di atas juga bukan perintah kepada umat Islam untuk membenci atau memusuhi umat Yahudi.

3. Karena bangsa Israel telah merebut negeri Palestina dan menjajah Palestina.
Kalau kita membaca Al Quran surah Al Maaidah ayat 21, kita akan mendapatkan bahwa menurut Al Quran pun negeri Palestina memang telah diberikan oleh Allah kepada bangsa Israel. Begitu juga menurut Kitab Suci mereka, negeri Palestina termasuk Jerusalem adalah Tanah yang dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel. Jadi, apa yang dilakukan oleh bangsa Israel pada saat ini sebenarnya hanyalah meng-klaim apa yang menurut Kitab Suci memang menjadi hak mereka.

4. Karena sesuai hadits bahwa umat Islam ditakdirkan akan berperang dengan umat Yahudi
Salah satu hadits yang menyatakan bahwa umat Islam akan memerangi bangsa Yahudi adalah pada saat Dajjal muncul. Pada saat itu akan ada 70.000 orang Yahudi Asbahan (Isfahani) yang akan menjadi pengikut utama Dajjal dan orang Yahudi inilah yang akan diperangi oleh umat Islam.
Nah, dalam hadits tersebut jelas dinyatakan bahwa orang Yahudi yang akan diperangi oleh umat Islam adalah orang Yahudi yang berasal dari Isfahan (Iran). Siapakah mereka? Apakah mereka orang syiah ghulat? Ataukah mereka benar-benar orang Yahudi yang masih menjalankan tradisi agama Yahudi? Wa Allahu a’lam.

Dalam salah satu artikel pada situs telegraph.co.uk yang pernah saya baca, dikatakan bahwa orang-orang Pashtun yang ada di Afghanistan (Taliban) ternyata ada kemungkinan merupakan keturunan orang Yahudi. Kalau memang demikian, pantas saja orang-orang Taliban sangat keras kepala dan merasa benar sendiri sehingga mereka sepertinya gampang sekali menumpahkan darah sesama manusia. Nah, kalau benar bahwa orang Pashtun merupakan keturunan dari orang Yahudi, maka bukan tidak mungkin bahwa orang-orang Iran yang ada di Isfahan saat ini pun mungkin juga keturunan orang Yahudi. Fyi, artikel yang sama juga menyatakan bahwa kemungkinan Ahmadinejad juga merupakan keturunan Yahudi.

Jika demikian, maka sebenarnya hadits tersebut memprediksi peperangan antara umat Islam dengan (keturunan) Yahudi yang saat ini berada di Iran, bukan dengan orang Yahudi yang saat ini berada di Israel. Jadi tidak tepat jika umat Islam membenci bangsa Yahudi yang berada di Israel.

Jika kita hanya bisa melihat ayat-ayat atau hadits-hadits yang mendiskreditkan umat Israel, maka menurut saya berarti kita hanya bisa melihat dengan sebelah mata saja. Kita lupa bahwa banyak juga ayat-ayat yang memuji umat Yahudi (QS 2:62, 5:69). Kita lupa bahwa di dalam Al Quran, Allah sendiri telah menyatakan bahwa Allah melebihkan umat Israel atas bangsa-bangsa lainnya di dunia. (QS 2:47)

Kata pepatah Indonesia, Tak kenal maka tak sayang. Sedangkan pepatah Arab mengatakan, manusia adalah musuh dari apa yang tidak diketahuinya.

Saya yakin bahwa mayoritas umat Islam yang membenci orang-orang Yahudi adalah orang-orang yang tidak pernah membaca Al Kitab, sehingga mereka hanya bisa melihat orang Yahudi hanya dari satu sudut pandang yang sempit saja. Mereka (orang-orang Islam yang membenci Yahudi tsb) tidak bisa melihat umat Israel dari sudut pandang lain yang lebih luas. Memang benar bahwa dalam Al Quran terdapat ayat yang terkesan menyatakan bahwa umat Israel itu jahat, sesat, dan sebagainya. Namun jangan lupa bahwa ada juga ayat Al Quran yang memuji sebagian umat Israel. Pada dasarnya sikap Al Quran kepada bangsa Israel itu netral. Al Quran menyatakan bahwa ada umat Israel yang baik, dan ada juga yang zhalim. (ref QS 2:120, 3:113, 3:110, 37:113)

Di dalam Al Kitab dinyatakan bahwa Tuhan telah memilih umat Israel sebagai umat pilihannya. Dan ini pun sebenarnya diakui juga di dalam Al Quran, antara lain pada QS 2:47. Apakah ketika Tuhan memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, apakah Tuhan  tidak tahu bahwa sebagian [besar] umat Israel adalah orang-orang jahat yang “tegar tengkuk” alias keras kepala? Sebenarnya Tuhan sudah mengetahui sebelumnya, namun demikian toh Tuhan tetap memilih umat Israel sebagai umat pilihan dan melebihkannya di atas segala bangsa.

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, 'Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata, 'Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS 2:30)

Sama seperti ketika Tuhan menciptakan Adam, sebenarnya Tuhan sudah mengetahui – lebih dari pada para Malaikat – bahwa kelak banyak di antara keturunan Adam yang akan menumpahkan darah di bumi dan akan membuat berbagai kerusakan di muka bumi. Namun demikian, Allah tetap menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi karena Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui.
Demikian pula halnya dengan umat Israel dan bangsa Yahudi pada khususnya. Allah pasti punya alasan mengapa Allah memilih umat Israel sebagai bangsa pilihannya. Dan Allah tidak berubah (ref Maleakhi 3:16, Mazmur 89:34).

Mungkin sebagian muslim berasumsi bahwa Tuhan telah "menceraikan" umat Israel, atau dengan kata lain, bangsa Israel sudah tidak menjadi umat pilihan-Nya lagi. Namun, di dalam salah ayat yang terdapat pada Kitab Nabi-Nabi, Tuhan bertanya, dimanakah "surat cerai" Tuhan dengan bangsa Yahudi, yang memang tidak pernah ada. Dengan kata lain, sebenarnya Tuhan tidak pernah "menceraikan" umat Yahudi. Bahkan, menurut berbagai nubuat yang ada di Kitab Nabi-nabi, pada akhir zaman nanti Yerusalem akan menjadi pusat kerajaan damai di muka bumi. wa Allahu a'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Beatitudes: The Core of the Gospel

After years of studying the Bible, including the synoptic gospels, Thomas Gospel, Q Gospel, Marcion Gospel, etc, I came to conclusions as follows: 1. Prophet Jesus was sent to the People of Israel (the people of the book), hence the Gospel was given to the people of Israel, and was originally written in Hebrew language. Jerome called it as  matthaei authenticum . 2. However, since the majority of the people of Israel rejected him (and the gospel), therefore the gospel was transferred to another nation(s) or the gentiles, and written in other language, that is Koine Greek (cf: Gospel of Thomas Logia# 109 , Gospel of Matthew 21:43; and also Quran Sura Fathir (35) verse 32 [note: please read Tafsir Tabari about this verse Quran 35:32]) 3. The original gospel that was written in Hebrew didn't survive. The gospels available today are the one that were written in Greek, around a hundred years after Jesus gone. The closest gospel to the original one is either the Gospel of Matthew or the

Believe in the Scripture Before the Quran

In the Holy Koran, there is a particular verse that command the believers to believe in the Book before the Quran. " O you who believe, believe in Allah and His Messenger, and the Book which He sent down upon His Messenger, and the Book which He sent down earlier . And whoever disbelieves in Allah, and His Angels, and His Books, and His Messengers, and the Last Day, then he has certainly gone far astray ." (the Quran 4:136) “The Book which He sent down earlier ” or “the Scripture which He sent down before” is in singular form, which means that there is “only” one Book that every believer has to believe in other than the Quran. But which one? There are many books that had been sent down before Muhammad. The Torah, Psalms, and the Gospel, to name a few; not to mention the books that were given to the Prophets like Isaiah, Jeremiah, Ezekiel, Jonah, etc. To identify which book that the Quran talked about in the verse above, we have to look in some other verses: 1. “And befor

Kitab Yang Diwariskan (Fathir 32): ayat yang sering terabaikan

Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri, dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada  (pula)  yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. (QS 35:32) Dalam surah Fathir ayat ke 32 Allah menerangkan bahwa Allah telah mewariskan (sebuah) kitab kepada umat manusia yang dipilih oleh-Nya.  Nah, kitab apakah yang dimaksud sebagai kitab yang diwariskan kepada orang-orang pilihan tersebut? Sebagian penafsir menafsirkan bahwa yang dimaksud kitab yang diwariskan tersebut adalah Al Quran, sedangkan kaum yang mewarisi kitab tersebut adalah kaum mukmin. Hanya saja untuk penafsiran tersebut di atas terdapat satu masalah besar: yakni surah Fathir merupakan surat Makkiyah . Artinya, ketika ayat QS 35:32 tsb diturunkan, Al Quran masih belum final, dan masih jauh dari kriteria kitab yang lengkap dan sempurna. Bukankah Islam sempurna dengan turunnya ayat Al